paket tour belitung

Dengan paket tour Belitung yang ditawarkan Truly Belitung, kalian akan mendapatkan kesemaptan untuk mengunjungi banyak objek wisata yang ada di sana. Salah satu yang paling terkenal ialah SD Laskar Pelangi. SD Laskar Pelangi merupakan replika SD Muhammadiyah Gantong, sebuah sekolah dasar yang pernah menjadi tempat Andrea Hirata dan kawan-kawan menghabiskan masa SD-nya. Replika SD Muhammadiyah Gantong ini memiliki nama lain SD Laskar Pelangi karena pernah digunakan sebagai salah satu lokasi untuk syuting film Laskar Pelangi.

Wujudnya berupa sekolah reyot yang hampir roboh dengan berbagai perlengkapan minim yang sebenarnya juga sudah tidak layak pakai lagi. Jika kalian berkunjung ke SD Laskar Pelangi ini, kalian akan mendapati pemandangan bahwa seperti itulah sekolah dasar zaman kecil Andrea Hirata di Belitung. Ada banyak kerusakan di mana-mana, atapnya yang compang-camping, sengnya banyak yang lepas di berbagai sisi, dindingnya yang terbuat dari papan dan banyak yang sudah bolong di sana-sini dan yang masih utuh pun banyak yang lapuk, banyak coretan di sana-sini, dan masih banyak lagi.

Untuk bagian dalamnya kalian akan mendapati bangku dan meja banyak yang sudah rusak, permukaan meja yang sudah tidak mulus lagi sehingga membuat siswa mengalami kesulitan untuk menulis, dan masih banyak lagi ketidaklayakan di SD tersebut yang notabenenya sebagai sarana untuk memudahkan proses belajar mengajar.

Namun, selain kondisi gedung sekolahnya yang sudah tidak layak pakai karena reyot, halaman SD Laskar Pelangi berupa pasir putih yang bersih khas pantai Belitung. Halaman berpasir putih bersih ini sekaligus berfungsi sebagai lapangan bagi para murid yang ingin bermain bola. Tidak ada  pagar yang mengitari sekolah ini. Para murid bisa masuk lewat mana pun.

Dengan paket tour Belitung, ada banyak pelajaran yang bisa diambil ketika berkunjung ke SD Laskar Pelangi ini. Meskipun sekolah ini sudah tidak layak pakai, meskipun para murid belajar dengan banyak keterbatasan, mereka memiliki mimpi yang besar. Mereka melambungkan mimpi mereka setinggi langit. Keterbatasan sebagai anak-anak desa yang tidak mendapatkan akses pendidikan yang layak, tidak mematahkan semangat mereka untuk terus berjuang menggapai mimpi.

Dan, hasilnya, mimpi mereka menjadi kenyataan. Para murid di SD Muhammadiyah Gantong itu kini banyak yang menjadi tokoh-tokoh penting di negera ini. Salah satunya tentu saja Andrea Hirata, si penulis novel yang namanya terkenal ketika meluncurkan novelnya yang berjudul Laskar Pelangi. Novel Laskar Pelangi ini mengisahkan tentang kehidupannya dan anak-anak Gantong lainnya di masa kecil, bagaimana mereka berjuang untuk mendaptkan pendidikan yang layak meskipun itu hal yang tidak mungkin pada saat itu.

Hal ini karena mereka berada di sebuah desa terpencil di sebuah pulau yang nyaris tak tersentu pembangunan.  Selain itu, akses pendidikan pada zaman itu juga sangat sulit, sehingga apa yang bisa mereka dapatkan di SD Muhammadiyah Gantong itu merupakan akses pendidikan yang sudah lebih dari cukup dari pada mereka tidak menganyam pendidikan sama sekali.

Akan tetapi, waktu terus berjalan, setamatnya mereka dari SD Muhammadiyah Gantong, mereka melanjutkan pendidikan SMP dan SMA  masih di kampung halamannya sebelum akhirnya Andrea Hirata meneruskan pendidikan tingginya di Universitas Indonesia, Master of Science di Université de Paris, dan Sheffield Hallam University United Kingdom. Tak hanya Andrea Hirata saja yang mendapatkan kesempatan ini, semua teman-temannya yang tergabung ke dalam Laskar Pelangi mampu meraih mimpinya masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, Andrea Hirata akhirnya sukses sebagai penulis novel dari yang sebelumnya berprofesi sebagai pegawai biasa di Telkom. Dan, tulisannya tersebut sukses dengan penjualan yang sangat tinggi. Laskar Pelangi semakin sukses ketika diangkat ke dalam sebuah film layar lebar berjudul sama. Film ini merupakan garapan dari Mira Lesmana bersama Riri Riza. Usai film ini sukses di pasaran, banyak orang yang semakin penasaran dengan Pulau Belitung yang notabene menjadi lokasi syuting film tersebut juga selain sebagai latar yang mengisahkan cerita Laskar Pelangi ini.

Ada banyak sekali lokasi-lokasi syuting film Laskar Pelangi yang kini menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jika sebelumnya kalian hanya mengetahui lokasi ini dengan membayangkannya sendiri selama membaca novel atau hanya melihat melalui film saja, dengan paket wisata Belitung, kalian bisa menikmati lokasi tersebut secara langsung.

Tak hanya tahu bagaimana lokasi ini berkisah tentang kehidupan anak manusia yang ingin menggapai mimpi-mimpinya, tetapi juga memberikan pemandangan yang indah yang siap dinikamti siapa pun yang datang ke sini. Kelayakan Belitung sebagai destinasi wisata tak hanya karena pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, tetapi Belitung memang sebuah tempat yang layak menjadi destinasi wisata karena apa yang dimilikinya benar-benar layak membuat pulau ini dikunjungi.

Jika kalian benar-benar ingin mengunjungi SD Laskar Pelangi di Belitung dan berbagai lokasi lain yang menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi, kalian bisa menghubungi Truly Belitung, sebuah biro perjalanan wisata khusus Belitung yang telah memiliki pengalaman panjang dalam mengakomodasi para wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

Ada baanyak sekali paket wisata Belitung yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat dan budget kalian. Hal ini karena setiap paket wisata Belitung, masih terbagi lagi ke dalam beberap tipe yang menarik. Di antaranya paket wisata Belitung 1 hari, paket wisata Belitung 2 hari 1 malam, paket wisata Belitung 3 hari 2 malam, paket wisata Belitung 4 hari 3 malam, dan paket wisata Belitung honeymoon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *